A. Aktifitas di KFC
KFC merupakan restoran cepat
saji franchise yang hak eksklusif waralabanya dipegang oleh PT. Fast
Food Indonesia. KFC menjadi pemimpin pasar restoran cepat saji yang dominan
di Indonesia selama 20 tahun sejak tahun 1979. KFC menspesialisasikan
pada menu ayam goreng dan memposisikan dirinya sebagai ‘Jagonya ayam’.
Proses produksi yang terjadi di PT Fast Food
Indonesia adalah mengolah bahan baku mentah berupa ayam dan bumbu rempah untuk
diolah menjadi ayam goreng bumbu rempah yang berkualitas. Sebagai restoran penyedia masakan cepat saji (fast
food) di dalam KFC,
terdapat beberapa menu yang disajikan dalam bentuk siap saji kepada konsumen
untuk memenuhi keinginan ataupun kebutuhan konsumen. Adapun makanan atau
masakan yang dimaksudkan diantaranya : Fried Chicken (Ayam Goreng), Stick
Kentang, Burger, dan lainnya.
Selain itu, di KFC juga menyediakan layanan sebagai penyalur jasa paket makanan. Sistem atau
aktivitas dalam KFC tidak hanya sebatas makan pada store KFC saja, melainkan KFC juga memiliki kegiatan jasa,
diantaranya : Home
Delivery, Layanan Catering, Layanan Acara Ulang tahun.
B. Identifikasi Supplier
a. Ayam
Semuanya
di supply oleh supplier, suppliernya adalah Wonokoyo Group. Ayam yang disupply
sudah berbentuk potongan sesuai dengan yang dipesan, misalkan khusus dada, paha
maupun sayap. dalam hal jangka waktu supply, untuk outlet dalam kota Surabaya
dilakukan tiap hari, sedangkan untuk outlet yang berada di luar kota Surabaya
dilakukan tiap bulan.
b. Sayuran
umum
Sayuran
disupply oleh supplier yang domisilinya berdekatan dengan outlet (lokal).
khusus di dalam Kota Surabaya supplier untuk sayuran hanya satu saja, sedangkan
outlet yang berada pada luar kota pembelian bahan sayuran dilakukan di pasar.
c. Sayur
khusus
Sayur
khusus didatangkan dari Jakarta (Kantor Pusat) setelah itu dimasukkan di gudang
Surabaya (Margomulyo) kemudian didistribusikan ke outlet – outlet yang ada di
Jawa Timur.
d. Kentang
Bahan
ini diimport langsung dari luar negeri kemudian di masukkan ke gudang yang ada
di Jakarta, setelah itu didistribusikan ke regional – regional, kemudian
regional tersebut mendistribusikannya ke outlet – outlet.
e. Bumbu
– bumbu
Bumbu
yang tersedia di KFC lebih dikenal dengan sebutan bumbu 11 macam. Bumbu – bumbu
tersebut langsung di datangkan dari KFC Pusat yang terletak di Kentucky, USA.
f.
Beras
Ada
2 jenis beras, Non organic dan organic. Untuk non organic disupply oleh
supplier local, sedangkan untuk organic langsung didatangkan dari Kantor pusat
(Jakarta).
C.
Gambaran Rantai Pasok di KFC
D. Membangun Hubungan dengan Supplier
·
Menjalin komitmen dengan semua supplier.
·
Membangun kepercayaan antara pihak KFC dengan
supplier.
·
Menjalin komunikasi yang baik.
·
Membanu finansial dari pemasok atau supplier
E.
Membangun Hubungan dengan Pelanggan
·
Memberikan promo yang menarik.
·
Mengadakan event berhadiah.
·
Memberikan reward bagi pelanggan setia.
F. Hubungan SCM dengan proses produksi
Bagaimana SCM bisa membuat proses produksi menjadi efektif dan efisien, hal ini karena dengan adanya SCM bahan baku yang disupply bisa dimonitoring dan dikontrol kualitasnya.
G. Strategi yang digunakan KFC
KFC menggunakan starategi Kairetsu Network, strategi ini memberikan uang kepada pemasok atau supplier agar hubungan keduanya dapat terjaga serta kualitas produk menjadi terjaga.
Bagaimana SCM bisa membuat proses produksi menjadi efektif dan efisien, hal ini karena dengan adanya SCM bahan baku yang disupply bisa dimonitoring dan dikontrol kualitasnya.
G. Strategi yang digunakan KFC
KFC menggunakan starategi Kairetsu Network, strategi ini memberikan uang kepada pemasok atau supplier agar hubungan keduanya dapat terjaga serta kualitas produk menjadi terjaga.